Cara Partisi SD Card Dengan Mini Tool Partition

Setelah sekian lama tidak posting Kali Ini saya akan berbagi Cara Partisi SD Card menggunakan Mini Tool Partition. Partisi SD Card Berguna untuk membagi Kartu Memori menjadi beberapa bagian yang terpisah. Seperti pada PC atau Komputer ada Drive C, Drive D, E dan Seterusnya. Nah inilah fungsi Partisi SD Card ini, Untuk membuat Drive-drive di Memori Card agar lebih mudah dalam pemisahan antara file System dan File-file lain seperti Musik, Video, dan Foto.

Selain Untuk mempermudah dalam memisahkan file-file Partisi SD Card juga berguna untuk meningkatkan kecepatan akses dari Kartu Memori itu sendiri. Partisi SD Card bisa di bagi menjadi 3 Bagian tapi saya menyarankan membaginya menjadi 2 bagian saja. karena pembuatan partisi yang berlebihan seperti sampai 3 Partisi malah akan membuat Memori cepat rusak. langsung saja Tutorial Cara Partisi SD Card dengan Mini Tool Partition.

1. Pertama-tama Download Mini Tool Partition di sana =>10MB ( Mediafire, Userscloud, Zippyshare)
2. Instal Mini Tool di PC dan lakukan registrasi, caranya :

  • Saat aplikasi pertama kali di buka akan ada kolom Register
  • Silahkan masukkan key registrasi yang sudah saya sertakan di dalam zip file
  • Klik tombol Register, ini berfungsi agar mini tool bisa Create karena dari banyak komentar yang masuk seringnya masalahnya adalah aplikasi tidak bisa Create.

3. Setelah register maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.

Tampilan Mini Tool Partition
4. Kosongkan dulu isi Kartu Memori Colok Kartu SD ke PC dengan Card Reader, Jika Memori Terbaca akan Muncul Menu DISK 2 pada layar Mini Tool. Lihat gambar di bawah
Cara Partisi SD Card dengan Mini Tool Partition
SD Card yang terbaca di Mini Tool
5. Selanjutnya Pilih pada Memori Card lalu KLIK KANAN pilih Create atau Klik tombol Shortchut Create di bagian atas. Lihat gambar lagi
Klik Kanan, Pilih Create
 Maka  Akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Tampilan opsi SD Card yang akan di partisi
6. Partisi FAT32
Untuk partisi yang pertama ini adalah partisi yang nantinya di gunakan
untuk menyimpan Utama file-file seperti video, Music, juga foto jadi besarnya memori lebih dari partisi lainnya.
  • Partision Label, di kosongkan saja
  • Create As, pilih Primary
  • File System, Pilih FAT32
  • Partition Size, Sesuaikan dengan besarnya partisi yang kamu inginkan.

Saran saya isikan sekitar 90% dari total memori, contohnya seperti Memori punya saya adalah 16GB maka saya memilih sekitar 13GB untuk partisi FAT32 ini. Karena walaupun SD Card saya 16GB tapi pada kenyataannya memori yg bisa di gunakan hanya sekitar 14,5GB saja. jadi saya menyisakan sekitar 1,5GB memori saja. Jika Memori kamu 8GB silahkan pilih sekitar 6GB. Oh ya tulisnya dalan satuan ribuan, 13GB di tulis 13000. lalu Klik OK.

Jika merasa kamu salah mengisi besarnya namun sudah di klik OK kamu masih bisa merubahnya tinggal di pilih, klik tombol Discard di bagian atas

Lalu akan ada 2 Drive  di bagian DISK 2, yang satu 13GB FAT32 yang sudah di partisi dan yang satunya Unallocated.

7. Partisi EXT2
Di bagian kedua  Partisi ini yang nantinya berguna untuk menyimpan file-file System dari aplikasi yang terinstal. besarnya memori untuk menempatkan file-file system aplikasi ini tidak terlalu banyak karena bukan file data utama dari aplikasi. Klik Kanan lagi pada disk yang Unallocated, Create Lagi. Jika Muncul tulisan Warning klik saja yes.


  • Partision Label, masih di kosongkan saja
  • Create As, masih pilih Primary
  • File System, Pilih Ext2
  • Custer Size, Pilih 4kb
  • Partition Size, jika kamu tidak ingin mempartisi SD Card menjadi 2 bagian saja, maka Partition Size Tidak perlu di isi, karena secara otomatis mengisi sisa memori. Klik OK Namun jika kamu ingin mempartisi menjadi 3 bagian, maka.

8. Partisi Linux Swap
Partisi Linux Swap nantinya akan berisi file-file sampah atau cache dari aplikasi. jika tidak menggunakan 3 partisi maka file cache akan tetap berada di memori telepon. Namun Untuk Partisi ketiga sebenarnya tidak saya sarankan karena mungkin malah bisa mempercepat rusaknya MicroSD. Namun jika kamu masih tetap ingin mambagi menjadi 3 bagian, saya kasih caranya. Di partisi kedua (EXT2) pada bagian Partition Size kamu sisakan sekitar 100MB untuk partisi ketiga Linux Swap ini.

  • Partision Label, masih di kosongkan saja
  • Create As, masih pilih Primary
  • File System, Pilih Linux Swap
  • Custer Size, Pilih Default
  • Partition Size, Sisanya, jadi terisi otomatis. Untuk yang terakhir akan tetap ada Drive Unallocated sekitar 10mb, tapi biarkan saja.

9. Kalau semua proses sudah selesai dan kamu sudah yakin dengan ukuran memori yang di partisi sudah sesuai dengan keinginanmu, Klik tombol Apply. Tunggu Prosenya sekitar 2 Menit. Selesai

Baca Juga :

PENTING :
Dari beberapa pertanyaan yang ada di kolom komentar saya menambahkan beberapa keterangan sbb :
1. Kok Mini Toolnya gak bisa Create? Untuk penggunaan Mini Tool harus melakukan register dulu,
 tutorialnya sudah ada dalam zip aplikasi minitool yang di download di atas,
 coba gunakan Card Reader untuk menyolokkan memori Card jangan pake MMC adapter, Saat menjalankan Mini Tool matikan dulu Anti Virus dan tutup semua palikasi yang berjalan selain Mini Tool. Semoga bisa
2. Apa perbedaan dari 2 partisi dan 3 partisi Kartu SD? menggunakan 3 partisi akan memindahkan semua file system dari aplikasi yang terinstal sampai ke akar-akarnya ke dalam memori card bahkan sampai ke file cache. jadi otomatis isi memori telepon akan lebih longar walaupun perbedaannya tidak begitu besar dan performa ponsel menjadi lebih cepat. Namun kekurangan dari 3 partisi adalah kartu memori beresiko cepat rusak karena akses yang berlebihan pada microSD itu sendiri. berdasarkan pengalaman memori eksternal teman saya jadi rusak karena menggunkan 3 partisi dan tidak bisa di hapus atau di tambahkan file-filenya bahkan di format sekalipun tetap gagal.
3. Apakah ponsel harus di Root dulu? Harus di Root dulu kalo belom nantinya Partisi SD Card akan sia-sia
4. Kok setelah partisi tidak bisa instal aplikasi lewat playstore? Kerena Handphone-nya belom di root.

5. Setelah kita mempartisi SD Card lalu apa yang harus di lakukan? bagaimana cara memindahkan file-file aplikasi ke MicroSD? jawabannya ada di sini Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card dengan Link2SD silahkan di baca.

Itulah Share dari saya  tentang Cara Partisi SD Card dengan Mini Tool. Saya usahakan buat dengan sedetail mungkin agar bisa dengan udah di praktekkan.

Salam,

Cara Partisi SD Card Dengan Mini Tool Partition | Fadlyarsenal | 4.5